BANDA ACEH -- Setelah sukses menggelar di beberapa kota di Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Digital Inovation Lounge (DILo) Banda Aceh dan Kolla Education memberikan kesempatan bagi ibu rumah tangga di Aceh untuk mendapatkan pelatihan pemrograman atau Coding Mum sejak 24 Agustus-7 September 2017.

Dalam pelatihan ini, kaum ibu akan diberikan pengetahuan dan keahlian dalam mendesain website oleh tutor berpengalaman. Para tutor tersebut sebelumnya telah mengikuti Training of Trainier pada 22-23 Agustus 2017.

Salah satu peserta, Sri Luhur Syastri, mengatakan pelatihan ini mendapat sambutan luar biasa dari kalangan ibu rumah tangga di Banda Aceh. Namun sebagian mereka terpaksa tidak bisa ikut karena kuota yang terbatas. Panitia hanya memberikan kesempatan kepada 20 peserta, sementara yang mendaftar mencapai 50 ibu rumah tangga.

“Kita doakan agar dibikin batch dua Insya Allah karena peminat di Aceh banyak,” ujar Sri Luhur Syastri kepada portalsatu.com, Selasa, 29 Agustus 2017.

Di kelas ini kata Sri, ibu-ibu tersebut dilatih merancang website dan mendesainnya sesuai dengan ketertarikan masing-masing seperti fashion, kuliner hingga gaya hidup.

"Mereka menjadikan ngoding sebagai suatu hobi baru dan menarik yang bisa dikembangkan dan diregenerasikan untuk ibu-ibu lainnya yang tidak memiliki kesempatan di Coding Mum ini."

Pelatihan berbasis teknologi ini menurut Sri sangat positif dan bisa meningkatkan kreativitas ibu rumah tangga. Ia pribadi berharap pemerintah menaruh perhatian serius pada bidang ini dan menjadikannya sebagai kegiatan berkala.

Sementara itu, Ketua DILo Banda Aceh sekaligus penanggung jawab kegiatan ini, Fajar, mengatakan melatih ibu-ibu rumah tangga membuat aplikasi merupakan sesuatu yang unik dan menantang. Apalagi kata dia, awalnya ada peserta yang mengaku kesulitan menyerap ilmu tersebut.

"Tapi melihat semangat belajar dan mencari tahu hal yang baru dari ibu-ibu peserta, saya secara pribadi berpendapat bahwa ini bukan hal yang tidak mungkin," katanya.[]

Editor: IHAN NURDIN

 

Sumber: http://portalsatu.com/read/tekno/sejumlah-ibu-rumah-tangga-di-banda-aceh-diajarkan-cara-ngoding-33900

Page 1 of 7

© 2017, Digital Innovation Lounge
Powered by jms multisite for joomla